Majelis Dikdasmen PNF PCM GKB Beri ‘Imun’ untuk Guru Mugeb School

Guru Spemdalas setelah mengikuti Pelatihan Improvisasi dalam Kurikulum Merdeka (Istimewa/PCM GKB)

PCM GKBMajelis Dikdasmen dan Pendidikan Non-Formal Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) GKB Gresik menggelar Pelatihan Improvisasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di Cardoba Conventional Hall Smamio.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari Rabu-Kamis (27-28/12/2023) yang diikuti guru dari 4 sekolah, SD Muhammadiyah 1 GKB (SD Mugeb), SD Muhammadiyah 2 GKB (Berlian School), SMP Muhammadiyah 12 (Spemdalas) GKB, dan SMA Muhammadiyah 10 (Smamio) GKB Gresik.

Hadir menjadi narsumber adalah Divisi Akademik majelis Dikdasmen dan PNF Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur Dr Raharjo MSi.

Dalam sambutannya, Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) GKB Gresik Jawa Timur Fiqih Risalah MA PhD mengatakan guru harus melakukan improvisasi pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk tercapainya pendidikan yang Muhammadiyah.

“Maka, guru harus meningkatkan kemampuan dan potensi diri sebagai guru sehingga menjadi pengikut Nabi Muhammad seutuhnya,” katanya pada pelatihan hari pertama, Rabu (27/12/2023).

Hal senada juga disampaikan Litbang Majelis Dikdasmen PCM GKB Drs. Musaini. Dia mengungkapkan seiring dengan perkembangan dan tuntutan dunia pendidikan penting bagi guru untuk terampil dan kreatif agar bisa menciptakan lingkungan belajar yang inovasi.

“Implementasi pembelajaran pada kurikulum Merdeka ini bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada siswa dalam memilih dan mengatur pembelajaran Jika tidak segera bergerak dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka guru akan tertinggal dengan kemajuan zaman,” katanya pada sambutan pelatihan hari kedua, Kamis (28/12/2023).

Oleh karena itu, tekannya, guru-guru harus sering mengikuti pelatihan-pelatihan seperti saat ini, guru-guru boleh mengikuti pelatihan pembelajaran seperti kegiatan pada saat ini dan boleh mengikuti pelatihan di luar baik dilakukan secara online maupun offline. (*)

 

Comments

comments