After Arab Spring, Penyebaran Api Bouazizi

PCM GKB – Arab spring adalah kejadian protes atau gejolak ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintah setempat. Hal ini terjadi diawali pada tahun 2011 banyak protes di negara-negara timur tengah.”Dimulai dari Tunisia, Mesir, Libya,” ujar anggota Lembaga Kerjasama Divisi Timur Tengah PWM Jatim Dr.M.Arfan Muammar, M.PdI pada pengajian Ahad pagi (19/02/2017) di Masjid Taqwa.
Penyebabya, katanya, warga Tunisia Mohamed Bouazizi berjualan sayur di Sidi Bouzid 300 km di selatan ibu kota Tunisia. Pada 17 Desember 2010 tempat berdagangnya dibubarkan. ”Awal tahun 2011 ia menyirap bensin dan membakar dirinya. Kejadian ini membuat gerakan pemuda yang lain yang senasib dengan dirinya,” jelasnya.
Alumni ponpes Gontor ini mengatakan permasalahan yang terjadi adalah kesenjangan sosial, kesenjangan ekonomi, pengangguran, naiknya harga kebutuhan bahan pokok, oligarki.
”Negara yang berdampak adalah Tunisia pemerimtahan Ben Ali tumbang pada tanggal 14 Januari 2011. Libya, Mohammar Qadafi tumbang 23 September 2011. Mesir, Husni Mubaok tumbang pada 11 Februari 2011 dan diikuti negara Yaman, Suriah dan Lebanon,” paparnya.
Bahkan negara Kuwait, Lebanon, Oman, Maroko, Yordania, Arab Saudi juga terkena dampaknya.
Berdasar surat Ali Imron 140 memuat tentang pergiliran kekuasaan. ”Yang utama penyebab tumbang adalah moralitas penguasa,” katanya.
Berkaca pada sejarah dalam kitab Al Aghani direkam penyanyi wanita Arab wafat tahun 890 H mengaku tidur dengan delapan pejabat.
Tentang demokrasi, dosen UMSIDA ini menjelaskan ada dua pendapat. Pertama, dianggap sesuai dengan Islam karena mengandung nilai keadilan, musyawarah dan persamaan.
Kedua demokrasi dianggap tidak sesuai dengan Islam karena dalam demokrasi otoritas tertinggi adalah manusia sementara dalam Islam otoritas tertinggi adalah Allah.
Yang penting bentuk negara dan sistem negara adalah kulit substansinya adalah pada individu masing-masing.
”Memang tindakan Bouazizi tidak dapat dibenarkan. Tapi prilaku pemerintah terhadap rakyatnya yang dipertanyakan,” tutupnya. (ars)

Comments

comments