Menjadi Muslim Muslimah yang Berkarakter

SMAMIO-PCMGKB.”Bapak, tangkap bolanya. Kembalikan ke saya. Ayo ibu tangkap bolanya, kembalikan ke saya lagi.”

”Stop.” ”Saya mau bertanya apa cita-cita hidup ibu di dunia ini?”

”Memperoleh kebahagian hidup di dunia dan akhirat,” jawabnya

Itulah aksi pembuka Agni S Mayangsari,S.S,M.PSDM, motivator sumber daya manusia (SDM) pada acara Baitul Arqam yang diselenggarakan Majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) GKB Gresik di SMA 10 Muhammadiyah GKB, Ahad (19/6/2016).

Untuk mencapai tujuan hidup tersebut tentunya harus dilakukan evaluasi dengan cara membandingkan diri sendiri dengan lingkungan sekitar, bandingkan keadaan sekarang dengan dahulu dan merencanakan masa yang akan datang dengan membandingkan keadaan yang sekarang.

Umat Islam dalam Kancah Dunia

Langkah strategis yang harus dilaksanakan adalah dengan menjalankan empat ON yakni visiON, actiON, passiON dan colaboratiON. Vision yakni memiliki pandangan ke depan, yang dilanjutnya dalam tindakan nyata yakni actiON dan dipenuhi dengan semangat passion dan didasarkan pada kerjasama yakni colaboration.

Tentunya, katanya, tujuan hidup bukan hanya materi. Dalam surat Al-Qasas ayat 77 dijelaskan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugrahkan Allah kepadamu tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan.

Visi harus mempunyai cakupan yang luas atau global.”Saya ingin menjadi inspirasi bagi sepuluh juta orang untuk meningkatkan soft skill dalam melayani sesama,” ungkap wanita kelahiran 1979 ini.

Sedangkan action merupakan skala prioritas dan aksi strategis. ”Dalam agama skala prioritas meliputi wajib, sunnah, mubah dan yang dihindari adalah haram. Nonton bola adalah mubah namun sholat malam adalah sunnah. Maka utamakan sholat malam daripada menonton bola,” tegasnya.

Setelah menyusun vision maka perlu adanya aksi strategis yakni kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas.”Ini harus diiringi dengan passion yang ditandai dengan menikmati, adanya pertumbuhan dan pengharagaan dalam pelaksanaan usaha dalam mencapai vision,” jelasnya.

Yang terakhir lakukan kerja sama atau kolaborasi. ”Karena dalam mencapai cita-cita kita tidak dapat melakukannya sendiri. Pilih partner yang tepat dan bergaul dengan orang yang memiliki ilmu dan pengalaman lebih,” tutupnya. Referensi buku berjudul “ON” oleh Inspirator Sukses Mulia – Jamil Azzaini (aries kurniawan/infokom)

Comments

comments